Tak Disangka Ternyata GRAB Dan KEMENPAREKRAF Jalin Kerjasama Untuk UMKM

7 0

ISU.CO.ID,JAKARTA – Grab Indonesia hari ini menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Kedua pihak akan bekerja sama secara jangka panjang untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata dan UMKM Ekonomi Kreatif (Ekraf) Indonesia. Kedua belah pihak telah mulai memetakan inisiatif dan program jangka panjang yang bertujuan untuk meningkatkan pariwisata dan membantu UMKM Ekraf pasca pandemi COVID-19 atau dimulainya periode ‘New Normal’. Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi sebelumnya pada tahun 2018, untuk mendukung pariwisata Indonesia.

Melalui kerja sama ini Grab akan mendukung gerakan #BeliKreatifLokal yang merupakan program percontohan dari kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi Pemerintah Indonesia untuk mendukung pertumbuhan UMKM Ekraf di tengah pandemi COVID-19. Dukungan yang diberikan termasuk: Pendampingan proses onboarding mitra-mitra UMKM ke layanan GrabFood dan GrabMart; Skema kerja sama yang dikustomisasi untuk para mitra #BeliKreatifLokal yang terdaftar di GrabFood dan GrabMart; Notifikasi khusus #BeliKreatifLokal di GrabFood untuk meningkatkan visibilitas mitra UMKM kepada pengguna; Serta dukungan program pemasaran dan jalur komunikasi bagi mitra UMKM di layanan GrabFood dan GrabMart.

Baca Juga:Pembangkitan Jawa Bali Jamin Pasokan Listrik saat Pandemi Corona

Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Republik Indonesia dan Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia secara virtual dan disaksikan oleh Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia serta mitra strategis lainnya.

Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia, menyatakan, “Dalam masa pandemi ini, peran digitalisasi makin terakselerasi dan menjadi begitu penting. Pemerintah telah meluncurkan kampanye nasional Bangga Buatan Indonesia. #BeliKreatifLokal menjadi salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk agar mitra yang terdampak COVID-19 dapat bangkit sehingga bisa menyokong perekonomian Bangsa. Dengan menggandeng mitra yang lebih banyak, seperti kerja sama dengan Grab Indonesia ini, akan semakin mengoptimalkan program dan memberikan bantuan untuk meningkatkan produktivitas pelaku ekraf.”

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia, menyatakan, “Kerja sama ini sejalan dengan misi GrabForGood, dimana kami senantiasa menciptakan inovasi dari teknologi untuk dapat memberi dampak positif. Selama masa pandemi, kami terus memperkuat layanan kami untuk dapat mendukung digitalisasi bisnis ekonomi kreatif agar dapat bertumbuh dan memberi layanan bagi masyarakat. Kami sangat senang bisa bermitra dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk merangkul lebih banyak mitra pelaku ekraf sehingga mereka bisa bangkit dan terus maju di tengah situasi ini.”

Grab dan Kemenparekraf Republik Indonesia memiliki tujuan yang sama untuk membantu mendorong pemulihan sektor pariwisata pasca pandemi COVID-19. Selain dukungan bagi gerakan #BeliKeratifLokal, kedua belah pihak telah membentuk kolaborasi strategis yang berfokus pada beberapa hal utama berikut:

Kerja sama co-branding yang dilakukan oleh Grab dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui beberapa program dalam mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia melalui aplikasi Grab yang dapat diakses oleh jutaan pengguna di Asia Tenggara.

Dukungan destinasi wisata super prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui layanan-layanan yang dimiliki oleh Grab seperti layanan transportasi online GrabCar Airport, GrabCar dan GrabBike, layanan pesan antar makanan oleh GrabFood, serta layanan lainnya yang dapat mendukung pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Dukungan ini merupakan kelanjutan dari peluncuran operasional Grab Toba dan kerja sama strategis dengan Kemenpar melalui Badan Pelaksana Otorita Danau Toba untuk mendukung sektor pariwisata Danau Toba dan sekitarnya yang diresmikan tahun lalu[1].

Sebelumnya Grab dan Kemenparekraf telah meluncurkan layanan armada roda empat khusus yang menyediakan transportasi bagi tenaga kesehatan yang melayani antara Rumah Sakit Angkatan Laut Mintoharjo (RSAL Mintoharjo) dan Hotel Le Meridien[2]. Sejak awal pandemi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia telah menetapkan beberapa hotel sebagai tempat akomodasi bagi tenaga kesehatan, untuk memastikan mereka memiliki tempat beristirahat yang nyaman dan dekat dengan rumah sakit mereka. Di sisi lain, hal ini juga bertujuan untuk mendukung bisnis hotel. Armada khusus ini akan menghadirkan layanan yang aman dan nyaman untuk menuju tempat bertugas.

“Kami berharap bahwa upaya kami dapat mendukung pemerintah untuk pemulihan sektor pariwisata dan UMKM Ekraf di Indonesia. Ini juga merupakan bagian dari misi GrabForGood sebagai wujud nyata usaha kami dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia melalui inovasi teknologi yang kami hadirkan melalui ekosistem kami,” tutup Ridzki.

Tentang Grab

Grab adalah super app terkemuka di Asia Tenggara, menyediakan banyak layanan harian yang paling berarti bagi konsumen. Saat ini, aplikasi Grab telah diunduh sebanyak lebih dari 185 juta kali, memberikan pengguna Grab kemudahan untuk terhubung dengan 9 juta mitra pengemudi dan agen. Grab menyediakan layanan transportasi on-demand di Asia Tenggara, serta layanan pengantaran makanan, barang, belanjaan, pembayaran digital dan layanan finansial di lebih dari 349 kota di 8 negara.

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *