Dukung Penanganan Covid-19, ITDC Bersama Club Med Indonesia Sumbang 21 Ribu Masker untuk 11 RS di Bali dan NTB

9 0

ISU.CO.ID, JAKARTA – Sebagai upaya mendukung penanganan COVID-19, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Club Med Indonesia memberikan bantuan alat medis berupa 21 ribu masker kesehatan, untuk 11 rumah sakit di Provinsi Bali dan NTB.

Bantuan medis yang terdiri dari 20.000 surgical mask (masker bedah) dan 1.000 masker N95 tersebut akan disebar di sejumlah RS yang menjadi RS rujukan dan penanganan Covid-19 di Bali dan NTB yaitu:

Bali: RSUD Buleleng, RSUD Bangli, RSUD Karangasem
NTB: RSUD Prov. NTB, RSUD Dr. Soedjono Selong, RS H.L Manambai Abdulkadir Kab. Sumbawa Besar, RSU Bima, RS Kota Mataram, RS Kab. Lombok Tengah, RS Kab. Lombok Barat, dan RS Kab. Lombok Utara
Penyerahan bantuan masker dilakukan hari ini oleh perwakilan ITDC di Bali dan Lombok, masing-masing melalui Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk bantuan di Bali, dan secara simbolis kepada Wakil Gubernur NTB untuk bantuan di NTB.

Baca Juga : Amankan pasokan listrik lebaran, Dirut PJB pastikan 35 pembangkit beroperasi penuh

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, “Sebagai sebuah BUMN, ITDC secara aktif membantu Pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 melalui berbagai program bantuan, baik bantuan mandiri maupun berkolaborasi dengan pihak lain. Pemberian bantuan masker bedah dan masker N95 bekerjasama dengan ClubMed Indonesia ini merupakan sumbangsih ITDC dalam mendukung upaya perlindungan diri para dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya sebagai garda terdepan penanganan Covid-19. Kita patut mendukung segala upaya dan kerja keras para pejuang kemanusiaan ini dalam melawan wabah Corona.”

Vice President Regional Operation Club Med Philippe Hoffmann menambahkan, “Kami sangat bersyukur mendapat kesempatan berbagi dalam Misi Kemanusiaan yang mulia ini dan kepada Tim Medis yang telah berjasa, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengorbanan dan perjuangan kalian. Bersama kita bisa melalui masa sulit ini. Dan semoga badai cepat berlalu dan Industri pariwisata serta perekonomian kita segera pulih. ”

Selain memberikan bantuan masker ini, sebelumnya ITDC juga telah melakukan sejumlah kegiatan untuk membantu Pemerintah menekan penyebaran COVID-19 di kawasan pariwisata yang dikelolanya berikut area sekitar kawasan. Melalui Program ITDC Lawan Corona, ITDC telah melakukan penyemprotan disinfektan secara teratur baik di dalam kawasan The Nusa Dua dan The Mandalika maupun di sembilan

desa penyangga di sekitar kawasan. ITDC juga membagikan bantuan kepada desa penyangga berupa peralatan dan bahan disinfektan serta sabun cair untuk dapat dikelola secara mandiri oleh masing-masing desa, bantuan masker kain untuk masyarakat, serta bantuan sembako dan santunan anak yatim piatu dalam rangka Hari Raya Idul Fitri. Di masing-masing kawasan pun ITDC menerapkan kebijakan physical distancing serta langkah-langkah lainnya sesuai protokol pencegahan COVID-19 yang dikeluarkan Pemerintah.

Club Med Indonesia sendiri, selain berkolaborasi dengan ITDC dalam penyaluran bantuan 21.000 masker kesehatan ini, telah ikut membantu dalam mengurangi dampak Covid-19 bagi komunitas di daerah operasional mereka di Bintan melalui bantuan masker dan makanan bagi tenaga medis di Rumah Sakit setempat.

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) merupakan BUMN yang memiliki lini bisnis membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata di Indonesia. Selama 45 tahun Perseroan telah membangun dan mengelola the Nusa Dua, kawasan pariwisata kelas dunia yang berlokasi di Bali Selatan.

Saat ini di the Nusa Dua terdapat 19 hotel berbintang yang menawarkan lebih dari 5.000 kamar, pusat perbelanjaan, museum, cultural venues, lapangan golf, rumah sakit, dan fasilitas pariwisata lainnya. The Nusa Dua juga memiliki fasilitas pendukung, seperti Bali International Convention Center di hotel Westin yang berkapasitas 2.500 pax dan Bali Nusa Dua Convention Center berkapasitas 10.000 pax, yang membuat kawasan ini menjadi tuan rumah berbagai event resmi berskala internasional seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss World 2013, dan baru saja IMF- WBG Annual Meetings 2018.

Melalui PP Nomor 50 Tahun 2008 dan PP Nomor 33 Tahun 2009, ITDC (saat itu masih BTDC) memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola kawasan Mandalika (the Mandalika) di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. The Mandalika merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah Pusat untuk dikembangkan sejalan dengan strategi Pemerintah meningkatkan pariwisata menjadi sumber devisa utama negara. Saat ini the Mandalika tengah dibangun sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, dengan berbagai fasilitas dan atraksi berstandar internasional.

Tentang Club Med

Club Med hadir sejak tahun 1950 oleh Ge?rard Blitz, yang menemukan konsep liburan serba lengkap (all-inclusive). Sebagai pelopor liburan serba lengkap, Club Med merupakan destinasi untuk dinikmati semua kalangan. Club Med meluncurkan Mini Club pada tahun 1967 untuk melayani keluarga dan menawarkan anak-anak pengalaman yang disesuaikan dengan usia mereka. Saat ini, Club Med adalah penyedia paket liburan kelas atas all-inclusive dunia terkemuka dengan sentuhan Prancis. Club Med mengoperasikan sekitar 70 resor Sun & Ski dan hadir di 30 negara di seluruh dunia, dan mempekerjakan lebih dari 23.000 staf berpengalaman GO dan GE, yang berasal dari berbagai negara. Club Med mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 1987 yaitu di The Nusa Dua, Bali. Selain di Bali, Club Med juga beroperasi di Bintan, Kepulauan Riau.

Sumber : Bantu Tangani Corona, PJB Salurkan Rp10 Miliar untuk Tenaga Medis

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *