Edukasi New Normal, Pelindo 1 Hadir di Pinggiran Sungai Deli

20 0

ISU.CO.ID, MEDAN – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 memberikan edukasi tentang pelabuhan dan dunia maritim kepada anak-anak yang ada di pinggiran Sungai Deli, Kelurahan Hamdan, Medan Maimun pada Selasa, 16 Juni 2020. Selain edukasi pelabuhan, Pelindo 1 juga memberikan edukasi tentang pedoman New Normal/tatanan normal baru dan protokol kesehatan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 ini. Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli (Kopasude).

Baca Juga : PJB Amankan Pasokan Listrik saat PSBB

SVP Corporate Secretary Pelindo 1, Imron Eryandy menjelaskan bahwa kegiatan edukasi pelabuhan kepada anak-anak ini adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh Pelindo 1, baik yang dilakukan ke sekolah formal maupun informal, seperti di Kampung Nelayan Belawan, Kampung Ramah Anak Belawan Bahari, Kampung Hamdan, dan ke sekolah maupun kampus. Hal ini sebagai salah satu wujud komitmen kepedulian Pelindo 1 terhadap dunia pendidikan.

“Selama masa pandemi Covid-19 ini, pendidikan anak-anak usia dini menjadi terganggu khususnya bagi mereka yang berasal dari keluarga prasejahtera dan tidak semuanya bisa menjalankan proses belajar online. Pelindo 1 turut hadir di sini memberikan edukasi tentang peran penting pelabuhan dan dunia maritim, yang bertujuan menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap dunia maritim sejak dini. Selain itu kami juga mengajarkan tentang pedoman protokol kesehatan, mulai dari rutin mencuci tangan, menggunakan masker ketika beraktivitas diluar rumah, menjaga jarak/physical distancing, olahraga, dan etika batuk/bersin yang benar,” terang Imron.

Proses belajar bersama Pelindo 1 ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dimulai dengan pengukuran suhu tubuh sebelum belajar, penggunaan masker dan pengaturan jarak meja antar anak. “Untuk mendukung proses belajar mandiri mereka nantinya, Pelindo 1 juga memberikan bantuan 50 paket alat tulis dan buku-buku pelajaran untuk dapat dibaca bersama di perpustakaan yang dikelola oleh Kopasude. Selain itu juga dibagikan bantuan multivitamin bagi anak-anak berupa madu dan susu serta handsanitizer dan masker anak,” papar VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami.

Kegiatan ini merupakan aksi nyata Pelindo 1 untuk turun tangan secara langsung memberikan edukasi kepada masyarakat. “Kami berharap kegiatan ini bisa memotivasi anak-anak di pinggiran Sungai Deli untuk terus semangat belajar dan melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang lebih tinggi. Kemajuan Pelindo 1 harus selalu beriringan dengan kemajuan di sekitar wilayah kerjanya,” lanjut Fiona.

Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

(BUMN) yang mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) serta 5 (lima) Anak Perusahaan, yaitu PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK) dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya. Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional
Pelindo 1, Indonesia Gateway.

Sumber : Dirut PJB Pastikan Pasokan Listrik Aman Selama Ramadan

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *