Siapkan Pegawainya Jadi ASN, KPK Kerja Sama dengan LAN

13 0
Komisioner KPK Diminta Fokus Pada Tugasnya - Kabar24 Bisnis.com

JAKARTA, Isu.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) meneken kerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) terkait pemberantasan korupsi dan perubahan status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara ( ASN), Selasa (6/10/2020).

Penandatanganan kerja sama dilakukan Kepala LAN Adi Suryanto dan Ketua KPK Firli Bahuri disaksikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Gedung Merah Putih KPK.

“LAN mengapresiasi setinggi-tingginya kepada KPK yang telah membangun komitmen bersama dengan LAN untuk berkolaborasi dan bekerja sama dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi, dan terutama tak kalah penting juga upaya KPK untuk pengembangan kompetensi pegawai di lingkungannya,” kata Adi dalam siaran pers, Selasa.

Baca Juga : Deretan Upaya Pupuk Indonesia Maksimalkan Kartu Tani untuk Beli Pupuk Subsidi

Adi mengatakan, kerja sama antara LAN dan KPK sangat strategis seiring dengan terbitnya PP Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengalihan Pegawai KPK menjadi Pegawai ASN.

Sehubungan dengan pengalihan status itu, kata Adi, LAN siap mendukung kelancaran proses tersebut sesuai dengan tugas dan fungsi LAN dalam rangka pengembangan kompetensi ASN.

“Saat ini jumlah pegawai KPK juga tengah mengikuti pelatihan kepemimpinan di LAN untuk memenuhi standar kompetensi manajerial sesuai dengan jenjang jabatan strukturalnya,” ujar Adi.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Raup Pendapatan Rp32 Triliun Hingga Mei 2020

Terkait itu, Firli menyatakan, KPK menyerahkan sepenuhnya kepada LAN untuk mendidik dan melatih pegawai KPK agar mampu duduk dalam jabatan-jabatan struktural serta kabag dan kasatgas yang setingkat dengan jabatan administrator (eselon 3) dan jabatan pengawas (eselon 4).

Sementara itu, Tjahjo mengapresiasi LAN yang dinilainya berperan strategis dalam meningkatkan kapasitas dan mengembangkan kompetensi pegawai ASN.

“Berbagai terobosan dan inovasi baru yang telah LAN ciptakan melalui pendidikan dan pelatihan merupakan modal utama dalam menciptakan ASN yang unggul serta mampu memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat,” kata Tjahjo.

Baca Juga : Semester I/2020, Produksi PT Pupuk Indonesia Tumbuh 6,92 Persen

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *