Lejitkan Talenta dan Prestasi Olahraga di Masa Pandemi, KOSN Resmi Digelar Secara Daring

7 0
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1024x577.jpeg

Bandung, Isu.co.id – Meski tantangan di tengah pandemi Covid-19 cukup tinggi, namun semangat siswa yang memiliki potensi dan talenta di bidang olahraga tidak dapat dipadamkan begitu saja. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) secara resmi menggelar Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) 2020.

Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Jumeri mengatakan KOSN 2020 merupakan bukti lahirnya terobosan baru di dunia kompetisi olahraga yang digelar secara virtual tanpa menghilangkan makna keolahragaan.

“Selamat kepada kalian semua yang selalu terus telah berjuang bersemangat belajar dan membangun eksistensi diri melalui aktifitas-aktifitas yang positif,” ujar Jumeri saat membuka secara resmi KOSN 2020 secara virtual di Bandung, Senin (16/11/2020).

Baca juga : Perusahaan ini Raih Gold Winner di Ajang BUMN Brand Awards

Jumeri berpesan kepada peserta KOSN 2020 untuk berkompetisi dengan menjunjung kejujuran, sportifitas dan integritas. “Lakukan semuanya dengan ikhlas jangan melakukan sesuatu pekerjaan didasari dengan niat mencari perhatian atau mendapatkan pujian melainkan lakukan dengan niat baik dan ketulusan,” tutut Jumeri.

Ajang kompetisi yang tahun sebelumnya bernama Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) ini menjadi salah satu rangkaian lomba yang dilaksanakan pada bulan Olahraga dan Kesehatan Jasmani dan diikuti siswa jenjang SD hingga SMA/SMK. Akibat dampak pandemi, KOSN 2020 hanya menggelar dua cabang olahraga yaitu karate dan pencak silat.

“Saya sungguh bahagia dapat menyapa para atlet muda Indonesia di bidang pencak silat dan karate yang ikut serta dalam KOSN 2020,” tutur Jumeri.

Baca juga : KAI Terus Bersiap menuju Operasional LRT Jabodebek

Kemendikbud telah melakukan diskusi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan stakeholder lainnya agar pelaksanakan Kompetisi Olahraga Siswa tetap digelar walau secara daring. “Semangat para siswa untuk terus berlatih dan berusaha keras mengikuti kompetisi ini sungguh luar biasa,” ucap Jumeri.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi mengatakan KOSN dilaksanakan dengan tujuan antara lain untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam penguasaan bidang olahraga dan memiliki nilai-nilai luhur. “Saling menghormati, saling menghargai keunggulan orang lain, bersahabat, serta sportif,” ujar Asep Sukmayadi.

Rangkaian pelaksanaan KOSN 2020 terbagi berdasarkan jenjang antara lain jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Pendidikan dasar yang meliputi SD dan SMP akan digelar pada 2 s.d. 7 Desember 2020, sementara itu jenjang pendidikan menengah yang meliputi SMA dan SMK akan digelar pada 16 s.d. 21 November 2020.

Sumber : Kemendikbud

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *