Waskita Karya Bangun Ruang Rawat Isolasi RSUP Fatmawati

7 0
Kuartal I 2020, Kas Bersih Waskita Karya Tembus Rp 2,81 Triliun

JAKARTA, Isu.co.id – PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Kode Saham: WSKT) telah merampungkan pembangunan Ruang Rawat Isolasi RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan. Ruang rawat isolasi yang telah dibangun berada di Gedung Anggrek Lantai VI RSUP Fatmawati sebagai tindak lanjut dalam meningkatkan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Pembangunan dilaksanakan selama 30 hari kalender, yaitu sejak 22 April s.d. 21 Mei 2020.

Sebelumnya, Waskita Karya telah menyelesaikan pembangunan fasilitas observasi dan karantina pengendalian Covid-19 di Pulau Galang, Batam, dan Rumah Sakit Darurat Covid -19 Wisma Atlet Kemayoran.

Sebagaimana halnya pembangunan ruang rawat isolasi RSUP Fatmawati, kedua bangunan terdahulu dikerjakan Waskita Karya dalam waktu yang relatif singkat sesuai jadwal yang ditetapkan owner.

Baca Juga : Waskita Salurkan APD dan Alat Kesehatan Cegah COVID-19

Ruang rawat isolasi RSUP Fatmawati memiliki 26 kamar dengan 43 tempat tidur. Menurut Project Manager Pembangunan Ruang Rawat Isolasi RSUP Fatmawati, Marco Sulistyo, ada sekitar 5 fasilitas penunjang dalam ruang rawat tersebut.

“Ada laboratorium, nurse station, ruang farmasi, ruang dokter, dan ruang ganti staff. Ruang ini dibangun dengan standar ruang isolasi yang memiliki clean room dengan sistem negative pressure sesuai ketentuan Permenkes,” ungkap Marco.

Adapun lingkup pekerjaan yang dilaksanakan WSKT meliputi pekerjaan perencanaan, arsitek, mekanikal & elektrikal, dan pekerjaan interior. Pada pekerjaan arsitek terdapat sandwich panel dan vinyl. Dalam pekerjaan elektrikal terdapat panel, kabel, dan armature.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Siap Penuhi Tambahan Subsidi 1 Juta Ton

Kemudian pada pekerjaan elektronika terdapat FA, SS, CCTV, MATV, Data, Telephone, dan Nurse Call. Sedangkan pada pekerjaan mekanikal terdapat pekerjaan Air Conditioning, Fire Fighting, Plumbing, Medical Gas & Bedhead.

Menurut Marco Sulistyo, spesifikasi khusus di proyek ini terdapat pada pekerjaan dinding dan pintu, lantai, serta HVAC. Pekerjaan dinding dan pintu menggunakan bahan sandwich panel PIR dengan anti bacterial coating.

Pekerjaan lantai menggunakan vinyl jenis homogeneous dan antibacterial coating, dan pada pekerjaan HVAC terdapat sistem AC di ruang isolasi dengan negative pressure yang dilengkapi dengan HEPA filter dan UV lamp

Related Post

Penyaluran Pupuk Subsidi Capai 72 %

Posted by - 26/10/2020 0
JAKARTA, Isu.Co.Id – HINGGA 27 September 2020, penyaluran pupuk bersubsidi sudah mencapai 72,03% dari alokasi 8,9 juta ton. Adapun realisasi…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *