BNI Syariah Raih Penghargaan Kepatuhan Pelaporan Keuangan Terbaik dari Bank Indonesia

20 0
Kepatuhan Pelaporan Keuangan Terbaik dari BI Diraih BNI Syariah - Kastara.ID

JAKARTA, Isu.co.idBNI Syariah mendapatkan penghargaan Bank Indonesia Award (BI Award) 2020 untuk kategori kelompok bank dengan kepatuhan pelaporan keuangan terbaik. Penghargaan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) tahun 2020.

Penganugerahan penghargaan disaksikan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo secara virtual juga dihadiri secara daring oleh Presiden Joko Widodo beserta seluruh jajaran kabinet. Dari BNI Syariah hadir SEVP Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Babas Bastaman.

Bank Indonesia Awards 2020 merupakan acara tahunan yang masuk dalam rangkaian Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2020. Penghargaan ini merefleksikan jalinan sinergi antara BI dan para pelaku ekonomi yang bersama-sama pemerintah, OJK, dan LPS sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional, dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

SEVP Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Babas Bastaman mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan. “BNI Syariah akan terus memberikan performa terbaik melalui tata kelola perusahaan yang amanah dan mencatatkan pertumbuhan bisnis seiring dengan meningkatnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan,” kata Babas Bastaman.

Baca juga : Pupuk Indonesia Raih Gold Winner di Ajang BUMN Brand Awards

Dari sisi Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance), BNI Syariah terus berkomitmen untuk menerapkan GCG dalam menjalankan usaha. Komitmen itu diambil karena BNI Syariah meyakini bahwa tata kelola perusahaan yang baik memegang peranan yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

Melalui penerapan GCG, BNI Syariah mempunyai kekuatan dan kemampuan dalam menciptakan pertumbuhan dan meningkatkan kinerja untuk mewujudkan target bisnis yang telah ditetapkan. Dengan semakin sempurnanya penerapan prinsip GCG, maka kinerja BNI Syariah niscaya semakin baik, mampu menjawab tantangan zaman, serta akan terus berkembang dan berkelanjutan.

Dalam Bank Indonesia Award (BI Award) 2020 ada sebanyak 44 penghargaan dalam 4 area dan 13 kategori. Beberapa kategori dalam penghargaan ini diantaranya adalah di bidang pengelolaan stabilitas moneter dan sistem keuangan, sistem pembayaran dan pengelolaan uang Rupiah, pengembangan UMKM dan ekonomi keuangan syariah, serta pendukung kebijakan Bank Indonesia dan kontribusi perorangan.

Tentang BNI Syariah

BNI Syariah bermula sebagai Unit Bisnis Strategis bagian dari BNI yang mulai beroperasi sejak 29 April 2000. Pada 19 Juni 2010 status BNI Syariah meningkat menjadi Bank Umum Syariah (BUS).Komposisi kepemilikan saham BNI Syariah adalah 99,94% dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan sisanya dimiliki oleh PT BNI Life. BNI Syariah senantiasa mendapatkan dukungan teknologi informasi dan penggunaan jaringan saluran distribusi infrastruktur BNI Induk diantaranya layanan lebih dari 16.000 ATM BNI, ditambah ribuan jaringan ATM Bersama, ATM Link Himbara serta ATM berlogo Maestro dan Cirrus di seluruh dunia, fasilitas 24 jam BNI Call (021-1500046), SMS Banking, dan BNI Internet Banking. Saat ini BNI Syariah telah didukung oleh jaringan yang cukup luas di seluruh Indonesia yaitu lebih dari 375 outlet syariah yang tersebar di seluruh Indonesia, serta didukung oleh lebih dari 1.746 Outlet BNI yang melayani pembukaan rekening syariah. ***

Baca juga : Waskita Karya (WSKT) menyatakan siap ikut lelang operator Pelabuhan Patimban

Tentang Hasanah

Hasanah merupakan corporate campaign BNI Syariah yang memiliki makna “segala kebaikan” bagi diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan Negara baik di dunia maupun di akhirat (QS. Al Baqarah 201). Hasanah merupakan sebuah nilai yang disarikan dari Al – Quran dan menjadi identitas BNI Syariah dalam menebarkan kebaikan melalui insan hasanah dan produk / layanannya. Cita – cita mulia yang ingin disampaikan melalui nilai Hasanah adalah kehadiran BNI Syariah dapat membawa kebaikan bagi seluruh pihak serta menjadi Rahmatan Lil’ Alamin. Hasanah didasari oleh Maqoshid Syariah yang berarti tujuan dari ditetapkannya syariah (hukum agama) yaitu untuk melindungi keyakinan, keberlangsungan hidup, dan hak asasi manusia terdiri dari lima hal yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta.

Tentang Hasanah Banking Partner

BNI Syariah sebagai mitra bisnis yang memberikan layanan terbaik sesuai dengan prinsip syariah. Sehingga bisnis yang dijalankan tidak hanya berorientasi terhadap keuntungan semata tetapi juga memperhatikan faktor keberkahan dengan nilai kebaikan. BNI Syariah berkomitmen untuk menjadi partner pada setiap tahapan kehidupan.

Dewan Pengawas Syariah: Ketua: Dr. Hasanudin, M.Ag; Anggota: Ah.Azharuddin Lathif, M.Ag., M.H.*

Dewan Komisaris: Komisaris utama: Fero Poerbonegoro; Komisaris: Imam Budi Sarjito; Komisaris Independen: Max Niode; Komaruddin Hidayat**

Direksi: Direktur Utama: Abdullah Firman Wibowo; Direktur Bisnis: Dhias Widhiyati; Direktur Kepatuhan dan Risiko: Tribuana Tunggadewi; Direktur Keuangan dan Operasional: Wahyu Avianto; SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan: Iwan Abdi.

*) belum efektif, masih proses persetujuan OJK

**) belum efektif, masih dalam proses fit & proper test

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *