Isu.co.id – Mantan Wakil Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri Yaakob tampaknya akan menjadi pemimpin eksekutif selanjutnya di Negeri Jiran. Ia dikabarkan memperoleh mayoritas suara parlemen sebagaimana diberitakan media lokal setempat Kamis (19/8/2021).

Ismail Sabri sendiri adalah Wakil Presiden partai United Malays National Organization (UMNO). Jika hal ini terkonfirmasi oleh Raja, ini akan menandai kembali partai itu memerintah selama 60 tahun.

Sebelumnya UMNO kalah tiga tahun lalu di pemilu karena tudingan korupsi, terutama akibat skandal dana investasi 1Malaysia Pembangunan Berhard (1MDB). Mengutip The Star, Ismail Sabri mendapatkan 114 suara anggota parlemen dari 222 kursi.

Sementara itu, Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah kemungkinan akan memutuskan sosok pengganti Muhyiddin besok. Untuk menghindari berlarutnya konflik politik, ia telah meminta calon PM baru menunjukkan dukungan mayoritas.

“Anggota yang mendukung Ismail Sabri diminta bertemu raja hari ini (Kamis) untuk memverifikasi dukungan,” kata politisi UMNO melalui Twitter Ahmad Maslan.

Blok oposisi yang mendukung Anwar Ibrahim Istana. Raja sendiri akan mengundang semua Sultan negara bagian besok untuk mendiskusikan PM Baru.

Source: CNBC Indonesia

Avatar

By admin

Your reaction

NICE
SAD
FUNNY
OMG
WTF
WOW

React with gif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *