Isu.co.id – Jaringan internet Telkomsel dan Indihome mengalami gangguan sejak Minggu sore, 19 September 2021, tepatnya 17.33 WIB. Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, menjelaskan, gangguan tersebut disebabkan oleh masalah sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam-Pontianak.

Sejak terjadi gangguan, pihaknya segera melakukan rerouting trafik, sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa. Serta mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.

“Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Senin, 20 September 2021.

Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut. Dengan diketahuinya titik gangguan ini, Telkom segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal.

Gangguan tersebut berdampak pada beberapa pengguna di beberapa titik seperti Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Gangguan jaringan berdampak pada penurunan kualitas akses layanan internet saja, untuk akses layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal. 

Menurut Pujo, layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih pasca terjadinya gangguan. “Layanan mulai kembali normal sejak tengah malam hingga pagi ini,” kata Pujo.

Lebih lanjut, Pujo juga menerangkan bahwa Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan. “Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan yang selalu setia menggunakan layanan TelkomGroup,” tutur dia menambahkan.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, juga menjelaskan bahwa pihaknya bersama TelkomGroup, langsung mencari penyebabnya dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak. “Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan di sejumlah titik tersebut,” kata Denny, Senin.

Source : Tempo

Avatar

By admin

Your reaction

NICE
SAD
FUNNY
OMG
WTF
WOW

React with gif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *