Isu.co.id – Luasnya wilayah Indonesia dengan kondisi geografis yang beragam menjadi tantangan tersendiri untuk memacu laju vaksinasi Covid-19 di Tanah Air.

Di sisi lain, upaya mencapai herd immunity di Indonesia bisa tercapai apabila proporsi minimal 70 persen penduduk sudah mendapatkan vaksin. Itu artinya, ada sekitar 189 juta penduduk Indonesia yang masih harus divaksin demi mencapai target tersebut.

Baca juga:

Apakah Vaksin Covid-19 Pengaruhi Kesuburan?

Masyarakat di Kaki Gunung Tak Luput dari Vaksinasi Covid-19

Berangkat dari pemahaman tersebut, komunitas Mandalawangi Bergerak yang merupakan wadah yang menaungi para penggiat alam, berinisiatif untuk menggelar Program Vaksinasi Masyarakat Kaki Gunung.

Di dalam Mandalawangi Bergerak tergabung sejumlah organisasi pecinta alam di Indonesia, seperti Mapala UI dan Wanadri. “Program vaksinasi ini merupakan bentuk komitmen sekaligus kontribusi kami sebagai pecinta alam dan pendaki gunung dalam menyikapi pandemi Covid- 19 di Indonesia.”

“Khususnya, untuk masyarakat yang tinggal di kawasan kaki gunung,” ungkap Penasihat komunitas Mandalawangi Bergerak, Erry Riyana Hardjapamekas dalam keterangan persnya, Senin (16/8/2021).

Baca juga:

Herd Immunity Bisa Melindungi Kita Setelah Terinfeksi Covid-19?

Volunteer Gunung Gede Pangrango, Mapala UI, Wanadri Selenggarakan Program Vaksinasi Kedua

Dia lalu menyebutkan, pada tahap awal komunitas ini berencana melaksanakan kegiatan vaksinasi di tiga lokasi di kawasan kaki Gunung Gede-Pangrango, Cianjur, Jawa Barat. Menurut Erry, kegiatan vaksinasi masyarakat kaki gunung Gede-Pangrango akan dimulai pada akhir Agustus sampai September 2021.

Dia menyebutkan, progam ini menjadi pilot project yang selanjutnya akan dilaksanakan di sejumlah kawasan kaki gunung di Indonesia. Dalam tahap awal ini ditargetkan bisa menjangkau 3.000 warga kaki Gunung Gede Pangrango.

Dengan target tersebut, Erry berharap, masyarakat kaki Gunung Gede- Pangrango bisa mencapai herd immunity.

“Dengan tercapainya herd immunity di kawasan kaki gunung ini, diharapkan bisa mempercepat pemulihan sektor pariwisata alam dan kondisi ekonomi masyarakat sekitar kawasan kaki gunung tersebut,” ungkap Erry.

Senada dengan Erry, Ketua Komunitas Mandalawangi, Rahmi Hidayati juga menyebut, setelah kawasan kaki Gunung Gede-Pangrango rampung, vaksinasi bakal berlanjut ke kawasan kaki gunung lainnya.

Baca juga:

Benarkah Herd Immunity Satu-satunya Jalan Hentikan Pandemi Corona?

Vaksinasi Warga di Kaki Gunung, Mandalawangi Bergerak Harap Dongkrak Pariwisata

“Seperti misalnya kaki Gunung Ciremai, Merbabu, Sindoro, Lawu dan lainnya,” sebut Rahmi. Dia menyebutkan, saat ini Komunitas Mandalawangi dibantu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tengah mengumpulkan data terkait kawasan wisata alam, berserta dengan jumlah masyarakat yang belum menerima vaksinasi.

“Selain vaksinasi, kami juga fokus untuk melaksanakan sosialisasi dan edukasi terhadap warga agar memahami manfaat dan kegunaan vaksin Covid-19,” kata Rahmi.

Avatar

By admin

Your reaction

NICE
SAD
FUNNY
OMG
WTF
WOW

React with gif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *