Isu.co.id – Maskapai penerbangan yang berada di bawah Lion Air Group meliputi Lion Air, Wings Air, dan Batik Air merilis tarif terbaru uji Kesehatan RT – PCR mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 350.000 untuk sejumlah wilayah per bulan Oktober 2021 ini.

Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menyebutkan, penawaran tarif itu sebagai upaya mendukung percepatan pemulihan perekonomian dan kampanye terbang menjadi sehat, aman dan menyenangkan.

Untuk tarif tes PCR Rp 250.000 akan berlaku untuk mitra jejaring fasilitas kesehatan Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) dan SWABAJA di area Jabodetabek. “Keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK) dan Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP),” ujar Danang seperti dikutip dari keterangan resmi, Kamis, 21 Oktober 2021.

Sedangkan tarif tes PCR sebesar Rp 350.000 diterapkan di mitra jejaring fasilitas kesehatan SWABAJA di Batam, Kepulauan Riau, Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur dan Makassar, Sulawesi Selatan serta jejaring Rumah Sakit Sheila Medika Sidoarjo dan Surabaya di Jawa Timur.

Dengan syarat keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam (BTH); Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros (UPG); Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo (SUB).

Yang teranyar, Lion Group juga mengakomodir kebutuhan calon penumpang untuk pelaksanaan uji kesehatan Covid-19 dan RT-PCR dan Antigen di Lampung. Tarif yang berlaku efektif untuk Rapid Diagnostic Test Antigen (RDT-Antigen) adalah Rp 35.000, dan Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Rp 380.000.

Layanan ini tersedia di lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau menuju Bandar Udara Radin Inten II. Fasilitas kesehatan ini, untuk mengakomodir calon penumpang yang berasal dari Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Mesuji dan wilayah lain di sekitar.

Adapun pengambilan sampel digelar di Klinik Pratama Berkah Medical Center Jalan R.A Rasyid Kelurahan Fajar Baru, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Sementara untuk waktu pelayanan, sambungnya, tersedia mulai dari Senin hingga Sabtu pukul 07.00 – 17.00 WIB. Pelayanan tes dilakukan untuk hari Minggu dan libur nasional tetap mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Sebelumnya, Lion Air Group juga menghadirkan layanan pemeriksaan uji kesehatan RT-PCR di area Bandung Raya, Jawa Barat. Layanan ini merupakan kerja sama dengan PT Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM). Adapun layanan tersebut dapat digunakan oleh penumpang Lion Air, Wings Air, dan Batik Air dengan harga Rp 285.000.

Penambahan lokasi strategis berada di area Bandung Raya, Jawa Barat sebagai fasilitas untuk pengambilan sampel RT-PCR. Untuk lokasi pengujian (pemeriksaan) sampel dilakukan terpusat di laboratorium yang terafiliasi dan terdaftar di Kementerian Kesehatan, yaitu C742 Laboratorium UNPAD Dipati Ukur.

Layanan pertama bertarif Rp 285.000 ini sudah beroperasi dan diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan calon penumpang yang berasal dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan wilayah lain di sekitar.

Adapun untuk waktu pelayanan, kata Danang, dimulai sejak Senin hingga Sabtu pukul 07.30 – 19.30 WIB. Sementara Minggu dan libur nasional tutup. Hasil uji setelah pengambilan sampel RT-PCR akan keluar (selesai) rata-rata 12-24 jam (maksimal 1 x 24 jam).

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sebelumnya telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 21 Tahun 2021 tentang ketentuan perjalanan penumpang dalam negeri pada masa pandemi Covid-19. Salah satu aturan mewajibkan calon penumpang harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT – PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan.

Source: tempo.co

Avatar

By admin

Your reaction

NICE
SAD
FUNNY
OMG
WTF
WOW

React with gif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *