Isu.co.id – Suasana rumah yang asri tentu menjadi idaman semua penghuni rumah. Apalagi banyaknya tanaman dan pohon hias di setiap sudut semakin membuat rumah terlihat lebih sejuk.

Namun, siapa sangka beberapa tanaman hias disyaratkan tidak boleh diletakkan di sembarang tempat dan perawatannya pun harus hati-hati. Hal ini dikarenakan tanaman tersebut memiliki efek beracun jika sampai tertelan makhluk hidup, terutama anak kecil dan hewan peliharaan.

Berikut adalah beberapa tanaman hias beracun dan berbahaya:

Kuping Gajah

Di balik keindahan warna serta bentuk daunnya yang menawan, kuping gajah menyimpan racun yang cukup berbahaya bagi makhluk hidup.Daunnya bisa menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan karena menutup keluar dan masuknya udara.

Jauhkan tanaman hias ini dari jangkauan si kecil ya, Bunda. Karena jika tak sengaja menggosok daun kuping gajah ke tangan, bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit dan rasa gatal yang luar biasa.

Lidah Mertua (Katerina Maglogianni via Pixabay)Foto: Lidah Mertua (Katerina Maglogianni via Pixabay)
Lidah Mertua (Katerina Maglogianni via Pixabay)

Lidah Mertua

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias lidah mertua atau sansevieria. Memiliki corak daun dan warnanya yang indah, lidah mertua menjadi populer di kalangan pencintanya. Karena bermanfaat sebagai penyuplai udara bersih, tanaman hias lidah mertua juga kerap kali jadi dekorasi indoor.

Namun ternyata, lidah mertua termasuk juga dalam tanaman hias beracun. Meski racun yang dihasilkannya tak terlalu tinggi, ini bisa menyebabkan muntah-muntah dan diare. Jadi, pastikan agar si kecil tak bermain-main dengan lidah mertua.

ZZ Plant (Zamioculcas zamiifolia)

ZZ plant atau tanaman dolar merupakan tanaman hias yang sempat populer beberapa waktu lalu. Bentuknya yang kokoh dan daun yang berderet selembar-selembar layaknya uang.

Karakteristik tanaman hias ini adalah daunnya berwarna hijau pekat, tumbuh sejajar dengan ukuran simetris, berurat, kecil-kecil, mengandung banyak air, serta tampak mengilap. Selain itu, saat di malam hari, ketika sorot lampu menerpa, daun-daun ini seolah menampilkan kilap yang amat indah.

Meski indah, sayangnya tanaman dolar ini harus dijauhkan dari jangkauan si kecil dan hewan peliharaan. Jika sampai tertelan, gejala yang dihasilkan berupa sensasi mulut terbakar, bengkak, iritasi, muntah, air liur yang berlebihan dan kesulitan bernapas.

Foxgloves

Tanaman hias berbentuk lonceng yang unik ini berbahaya untuk manusia. Bahkan bisa menyebabkan kematian. Warnanya yang indah dan bentuknya yang unik bisa menarik perhatian si kecil untuk memainkannya.

Jika sampai tertelan, gejala yang dialami berupa kejang, tremor, denyut nadi melemah dan gangguan irama jantung. Kalau tertarik merawat tanaman hias ini, pastikan meletakkannya di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan si kecil.

Daffodil

Daffodil berbentuk seperti terompet kecil. Umumnya bunganya berwarna kuning yang cerah. Di balik tanaman hias cantik dengan balutan bunganya yang indah, ternyata daffodil mengandung racun.

Bila bagian umbi atau akarnya termakan bisa bahaya. Bagian tersebut berisiko mengakibatkan masalah pencernaan seperti diare, muntah, hingga masalah serius seperti meningkatnya tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung, dan tremor.

Wisteria

Wisteria merupakan tanaman hias dengan bunga cantik menjuntai ke bawah. Tanaman hias ini populer di Jepang dan China. Namun, bagian bijinya ternyata beracun untuk manusia.

Meski cantik, bunga ini menyimpan zat beracun yang kuat lho. Zat saponin yang terkandung dalam bijinya, jika sampai tertelan menyebabkan gejala seperti pusing, muntah, bahkan pingsan.

Philodendron

Tanaman hias philodendron cukup populer dan kerap dijadikan sebagai interior ruangan berkat keindahan daunnya. Tanaman hias satu ini juga digandrungi oleh banyak orang berkat perawatannya yang mudah.

Meski bisa diletakkan di dalam rumah, bukan berarti tanaman hias ini aman bagi si kecil. Tanaman hias philodendron justru berbahaya karena mengandung racun di dalamnya.

Philodendron Spiritus sanctiFoto: Philodendron Spiritus sancti
Philodendron Spiritus sancti

Gejala keracunan akibat tanaman hias ini adalah iritasi mulut, bengkak, muntah, kesulitan bernapas dan air liur berlebihan.

Belladonna

Belladonna memiliki kandungan zat tropane alkoids yang beracun jika dikonsumsi. Ada beragam efek yang dapat terjadi jika tak sengaja mengonsumsinya, seperti pupil mata membesar, penglihatan kabur, dan halusinasi.

Selain itu, zat racun yang terkandung di dalamnya dapat mengganggu sistem saraf, gangguan pernapasan, hingga keringat berlebih.

Rhododendron dan Azalea

Anda pasti akan terkesima melihat keindahan warna yang dihasilkan tanaman hias satu ini. Tapi jangan sampai tertipu. Hal ini dikarenakan rhododendron dan azalea masuk ke dalam kategori tanaman hias berbahaya bagi makhluk hidup.

Jika Anda tetap ingin merawat tanaman hias ini, pastikan untuk menempatkannya di tempat yang sulit dijangkau. Sebab, jika sampai tertelan dapat mengakibatkan permasalahan serius seperti sakit perut, sulit bernapas, bahkan kelumpuhan.

Source: cnbc indonesia

Avatar

By admin

Your reaction

NICE
SAD
FUNNY
OMG
WTF
WOW

React with gif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *