Isu.co.id – Angin segar bagi para nasabah pemegang polis asuransi PT Jiwasraya, polis mereka bisa diselamatkan.

Kasus korupsi di Jiwasraya membuat para nasabah kesulitan mengklaim asuransi yang mereka simpan di BUMN tersebut.

Baca Juga: IFG Life Resmikan Customer Center

Peristiwa tersebut sempat berlarut-larut, namun kini muncul berita gembira tersebut.

Proses penyelamatan polis Jiwasraya melalui program restrukturisasi akan mencapai tahap akhir.

IFG Life siap menerima transfer polis Asuransi Jiwasraya.

Baca Juga: Proses migrasi polis Jiwasraya ditargetkan tuntas pada kuartal I 2022

Kesiapan ini disampaikan setelah IFG menerima dana penyertaan modal negara (PMN) dari pemerintah senilai Rp 20 triliun.

Proses migrasi atau perpindahan polis nasabah dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero) ke IFG Life bisa dimulai pada akhir 2021.

Direktur Keuangan dan Investasi IFG Life, Farid Azhar Nasution mengatakan, pihaknya masih menunggu keluarnya izin dari regulator untuk memulai proses transfer polis restrukturisasi.

Baca Juga: IFG Life Fokus Garap Asuransi untuk Proteksi

“Secara prinsip kami sudah siap menerima sebagaimana Jiwasraya sudah siap mengalihkan, kami juga masih menunggu izin dari regulator,” ujar Farid pada saat pembukaan Customer Center IFG Life, Rabu (24/11/2021).

Farid menuturkan, pengalihan polis melalui proses yang tidak sederhana. Karenanya, perlu dilakukan clearance atau perizinan dari pihak regulator.

Farid berharap proses izin dari regulator tersebut dapat selesai pada akhir tahun ini.

Baca Juga: Sejumlah yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Membeli Asuransi, Berikut Saran IFG Life

“Diharapkan Desember ini, tapi tanggal belum bisa dipastikan. Mudah-mudahan segera, karena sudah ditunggu-tunggu nasabah,” katanya.

Terkait proses migrasi polis restrukturisasi, pihaknya akan mengumumkan kepada para pemegang polis eks Jiwasraya melalui berbagal platform komunikasi agar mereka dapat mengetahui status dari polisnya, baik melalui SMS (short message service), email, maupun melalui surat.

Baca Juga: IFG Life resmi menjadi anggota asosiasi asuransi jiwa

Sebelumnya, pemerintah telah mengalokasikan dana dari Penyertaan Modal Negara (PMN) pada 2021 senilai Rp 20 triliun.

Program restrukturisasi tersebut dialokasikan kepada PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau Indonesia Financial Group (IFG) selaku Holding BUMN Perasuransian dan Penjaminan.

Program restrukturisasi polis ini juga sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 71/POJK.05/2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

Kantor Layanan IFG

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) meresmikan Customer Centernya yang berlokasi di Gedung Graha Niaga Lantai 8 Jakarta.

Kantor pusat pelayanan untuk nasabah ini dipersiapkan oleh IFG Life untuk para calon nasabah baru maupun nasabah yang merupakan pemegang polis eks Jiwasraya.

Baca Juga: Farid Nasution Menjabat Direktur Keuangan dan Investasi IFG Life

Direktur Operasional & TI IFG Life Yusman Dedy Kusuma mengatakan, peresmian ini merupakan kesiapan operasional IFG Life dalam menjalankan bisnisnya ke depan dan juga dalam menerima proses transfer polis migrasi dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

IFG Life sudah sepakat untuk juga membantu Jiwasraya dalam proses pelayanan bagi para pemegang polis Jiwasraya yang polisnya belum dimigrasi ke IFG Life agar mereka bisa mendapatkan informasi dengan baik,” ujarnya pada saat membuka Customer Center IFG Life, Rabu (24/11/2021).

Diakui Yusman saat ini proses migrasi polis dari Jiwasraya ke IFG masih belum dilakukan.

Baca Juga: Ini Direktur Investasi IFG Life

“Ini akan kami lakukan setelah mendapatkan persetujuan dari regulator,” kata Yusman.

Yusman menuturkan untuk proses migrasi polis restrukturisasi, IFG Life akan mengumumkan kepada para pemegang polis eks-Jiwasraya melalui berbagal platform komunikasi agar mereka dapat mengetahui status dari polisnya, baik melalui SMS (short message service), email, maupun melalui surat.

Yusman menjelaskan, alur pelayanan di Customer Center Graha CIMB Niaga lantai 8, diawali dengan pendaftaran secara online melalui link https://asuransi ifg-life.id/.

Baca Juga: IFG Life Ciptakan akan Terobosan dengan Gandeng BTN dan Mandiri Inhealth

Kemudian setibanya nasabah di Customer Center Graha CIMN Niaga lantai 8, akan langsung diarahkan menuju Customer Care Representative IFG Life.

Setelah itu, duty officer yang bertugas akan menyambut dan mendatangi nasabah atau pemegang polis tersebut untuk kemudian diberikan layanan.

Pendaftaran secara online dilakukan agar nasabah bisa lebih cepat mendapatkan pelayanan dan IFG Life. Yusman menambahkan, nasabah tidak hanya akan dilayani di Customer Center Jakarta.

Baca juga: Robertus Billitea: Kami yakin perbankan confident memberikan dana ke IFG Life

Di kota-koya lainnya, perseroan juga sedang mempersiapkannya. Adapun kota-kota besar tersebut adalah Jakarta, Tangerang, Bandung, Medan, Semarang Surabaya, Makassar, Pekanbaru, Palangkaraya, Pontianak, Denpasar, Palembang. Yogyakarta, Jayapura Manado, Tasikmalaya, Balikpapan, Banjarmasin, Jambi, Sukabumi, dan Cirebon.

Penyertaan Modal

Sebelumnya diberitakan, IFG menerima dana penyertaan modal negara (PMN) dari pemerintah senilai Rp 20 triliun.

“Saat ini, tim IFG Life terus bekerja sama dengan tim Jiwasraya untuk melakukan verifikasi dan validasi terhadap polis-polis yang sudah setuju untuk restrukturisasi agar pada saat proses transfer polis kepada IFG Life sudah memenuhi kriteria,” tutur Pgs Corporate Secretary IFG Life, Fadian Dwiantara dalam keterangannya, Jumat (12/11/2021).

Fadian mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi agar proses transfer dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Baca Juga: IFG Life Resmikan Pusat Layanan Nasabah

IFG Life siap menerima transfer ini dan akan menjalankan sesuai dengan amanat yang telah diberikan kepada kami,” katanya.

Lebih lanjut Ia meminta kepada para nasabah agar memahami proses pengalihan akan memerlukan beberapa waktu, mengingat banyaknya jumlah pemegang polis Jiwasraya.

Tercatat, jumlah pemegang polis yang telah menyetujui restrukturisasi per 30 Juni 2021 sebanyak 2.004 polis korporasi, 16.852 polis bancassurance, dan 158.833 polis ritel.

Baca Juga: IFG Life Siap Layani Eks-Nasabah Jiwasraya di Kantor Customer Center

Sementara dari hasil pemeriksaan per 26 Oktober 2021 atas seluruh parameter terdapat sebanyak 1.499 polis korporasi yang sudah memenuhi kriteria dan lengkap.

Sedangkan untuk polis bancassurance ada sebanyak 15.175 polis dan sebanyak 155.606 polis ritel yang sudah memenuhi kriteria dan lengkap.

Adapun untuk sisa polis korporasi sebanyak 505 polis, polis bancassurance sebanyak 1.677 polis, dan polis retail sebanyak 3.227 polis masih terus dilakukan verifikasi dan validasi oleh tim Jiwasraya dan IFG Life.

“Dan IFG Life akan menerima konfirmasi mengenai kelengkapan kriteria dari polis-polis tersebut dari Jiwasraya yang kemudian dapat dilakukan proses transfer kepada IFG Life,” ucap Fadian. 

Source: tribunnews

Avatar

By admin

Your reaction

NICE
SAD
FUNNY
OMG
WTF
WOW

React with gif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *