Jakarta, Isu.co.id – TaniFoundation, unit nirlaba agritech and e-grocery startup terdepan di Indonesia, TaniHub Group, membuktikan upayanya memberdayakan petani lokal dengan memenangkan kompetisi Allianz Social Impact Fund 2021 di tingkat nasional. Unit yang didirikan pada pertengahan 2021 tersebut melaju ke kompetisi tingkat global untuk bersaing dengan organisasi nirlaba lain dari berbagai negara.

Sebagai perwakilan dari Indonesia, TaniFoundation (Yayasan Tani Untuk Indonesia) akan memperebutkan grant atau hibah pendanaan program senilai hingga 50.000 Euro di tingkat global. Allianz Group akan mengumumkan para pemenang tingkat global pada bulan Maret 2022, dilanjutkan dengan publikasi laporan pada Desember 2022 tentang pengembangan proyek pemberdayaan yang dilakukan para pemenang.

Kemenangan TaniFoundation di tingkat nasional memungkinkan unit nirlaba ini untuk berkolaborasi dan mendapatkan dukungan pendanaan dari Allianz dalam program pendirian Saung Tani Allianz. Melalui program tersebut, TaniFoundation akan mendirikan area demonstration plot dan packing house yang akan menjadi training center pertanian dari hulu ke hilir dengan miniatur ekosistem TaniHub Group.

“Kami dari TaniFoundation mempunyai visi dalam pemberdayaan dan kesejahteraan petani-petani Indonesia. Dengan program Saung Tani Allianz, kami berharap dapat menyediakan wadah bagi petani Indonesia khususnya untuk petani perempuan dan petani muda dalam melakukan usaha pertanian disertai dengan sarana dan prasarana yang menunjang penerapan usaha pertanian yang terpadu dan berkelanjutan.

Bersama dengan Allianz, Saung Tani Allianz juga diharapkan dapat menjadi Community Center bagi masyarakat sekitar,” ujar Natalia Rialucky Marsudi, Chief Strategy and Social Impact Officer TaniHub Group, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas TaniFoundation.

“Kompetisi Social Impact Fund 2021 merupakan bagian dari komitmen Allianz dalam penerapan prinsip Environment, Social and Governance (ESG). Melalui kompetisi ini, kami mengajak organisasi nirlaba di Indonesia untuk menjalankan program demi mendorong penyediaan kesempatan kerja, pelatihan, dan pendidikan yang inklusif bagi seluruh kalangan tidak terkecuali kaum muda, perempuan serta kelompok difabel,” ujar Arini Bachtiar, Head of Corporate Events and CSF, Allianz Life Indonesia.

“Selamat kepada TaniFoundation yang telah memenangkan tahap seleksi dan penjurian nasional Social Impact Fund 2021. Kami berharap ini dapat menjadi awalan dari kerja sama yang baik dalam upaya mewujudkan kesempatan kerja yang lebih luas di Indonesia, tutup Arini.

Berdasarkan keterangan Allianz, program Social Impact Fund 2021 merupakan inisiatif dari Allianz Group, sebagai perusahaan asuransi terkemuka di dunia, untuk memberi peluang yang lebih baik dalam kesempatan kerja, pelatihan, dan pendidikan bagi generasi masa depan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Program tersebut diharapkan dapat mendukung generasi mendatang agar memiliki masa depan yang lebih baik, sejalan dengan Sustainable Development Goal (SDG) 8.

Keterlibatan TaniFoundation dalam program ini juga sejalan dengan penerapan prinsip Environment, Social and Governance (ESG) di TaniHub Group, yang menitikberatkan pada penciptaan dampak sosial positif dan berkelanjutan bagi setiap pihak dalam ekosistem pertanian.

TaniHub Group mendirikan TaniFoundation pada 2021 karena perusahaan melihat perlunya intervensi jangka panjang untuk meningkatkan kesejahteraan 27 juta lebih petani di Indonesia. Kendati sektor pertanian menjadi kontributor terbesar kedua terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, para petani masih mengalami kendala dalam mengakses berbagai hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas mereka.

Sejumlah kendala tersebut yakni terbatasnya akses terhadap permodalan, informasi dan sarana produksi, serta yang paling krusial yakni pemasaran untuk hasil panen.

TaniHub Group berkomitmen terhadap upaya perbaikan kesejahteraan petani karena Social Impact (Dampak Sosial) merupakan salah satu pilar bisnis perusahaan selain Agriculture (Pertanian) dan Technology (Teknologi). Melalui TaniFoundation, petani dapat dilatih untuk meningkatkan kapasitasnya dan memperluas akses pasarnya dengan didukung oleh program-program di bidang teknologi dan infrastruktur pertanian, serta inklusi keuangan dan kesejahteraan.

Beberapa contoh konkret program TaniFoundation yaitu pelatihan pertanian modern, penerapan teknologi precision farming, serta pelatihan literasi keuangan dan kewirausahaan, yang juga dapat difokuskan untuk petani perempuan.

Sekilas tentang TaniHub Group

TaniHub Group terdiri dari TaniHub, TaniFund, TaniSupply, dan TaniHub Food Solutions dan memiliki visi “Agriculture for Everyone” atau “Pertanian untuk Semua”, yang diwujudkan dengan mempercepat dampak positif dalam sektor pertanian melalui pemanfaatan teknologi informasi. Agriculture (Pertanian), Technology (Teknologi), dan Social Impact (Dampak Sosial) adalah tiga pilar utama perusahaan dalam menciptakan ekosistem untuk menata ulang sektor pertanian di Indonesia.

TaniHub adalah platform e-commerce B2B (Business-to-Business) dan B2C (Business-to-Consumer) untuk hasil tani, bertujuan untuk menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha serta end-user. TaniHub didirikan pada pertengahan 2016 oleh sekelompok anak muda yang berkeinginan kuat untuk mendukung petani yang menghadapi kesulitan dalam memasarkan hasil panen mereka.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya TaniHub, para pendiri kemudian melihat bahwa petani tidak hanya membutuhkan akses terhadap pasar, tetapi juga akses terhadap permodalan. Maka pada 2017, TaniFund pun didirikan sebagai solusi permasalahan pendanaan yang dihadapi petani. Dua tahun kemudian, TaniSupply terlahir untuk mengatasi permasalahan supply chain. Pada Juni 2021, kami meluncurkan TaniFoundation, sebuah wahana yang menyediakan solusi jangka panjang untuk kesejahteraan petani.

TaniHub Food Solutions kemudian lahir untuk menjawab kebutuhan usaha kuliner melalui penyediaan bahan pangan berkualitas sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Pada tahun yang sama, perusahaan mendirikan TaniMitraKoperasi sebagai langkah untuk memberdayakan koperasi petani dengan dukungan layanan digital.

Sebagai bukti peran nyata kami di masyarakat, TaniHub Group terpilih menjadi salah satu startup terfavorit di Indonesia berdasarkan Linkedin Top Startups 2021.

Dengan seluruh upaya tersebut, TaniHub Group berharap dapat mewujudkan cita-cita ketahanan dan kecukupan pangan di Indonesia.

Avatar

By admin

Your reaction

NICE
SAD
FUNNY
OMG
WTF
WOW

React with gif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *